Syarat AVSEC Harus Berstatus Single?

Syarat AVSEC Harus Berstatus Single?

Aviation Security (AVSEC) yakni petugas keamanan penerbangan yang sudah berlisensi resmi atau memiliki STKP (Surat Tanda Kecakapan Petugas)

AVSEC akan bertugas dan bertanggung jawab atas keamanan penerbangan yang telah diatur pada Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Republik Indonesia. Yakni dalam No. SKEP/2765/XII/2010 Bab 1 butir 9 Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Republik Indonesia.

Petugas Aviation Security (AVSEC) disebut juga sebagai Polisi Bandara yang memiliki tugas untuk melakukan pengecekan pada orang-orang yang akan memasuki bandara. Proses pengecekan ini akan dilakukan dengan mesin metal detector atau X-Ray.

Syarat AVSEC Harus Berstatus Single?

Perlukah Mengikuti Pendidikan Dulu Jika Ingin Menjadi AVSEC?

Tidak sembarang orang dapat menjadi petugas AVSEC, sebab mereka perlu menempuh studi di sekolah penerbangan terlebih dahulu agar mendapatkan lisensi.

Lisensi tersebut yang akan menyatakan jika orang yang bersangkutan mempunyai kompetensi yang bagus untuk melaksanakan tugas sebagai pengaman penerbangan. Lisensi tersebut dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Republik Indonesia.

Jadi, apa aja sih syarat-syarat menjadi petugas AVSEC? Dan apakah petugas AVSEC harus berstatus single?

Syarat AVSEC Harus Berstatus Single?

Syarat – Syarat Menjadi Petugas AVSEC
  1. Pria dan wanita
  2. Usia Minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun
  3. Pendidikan minimal SMA dan yang sederajat
  4. Tinggi badan minimal pria 168 cm dan wanita 163 cm
  5. Memiliki berat badan yang proposional
  6. Tidak bertato
  7. Tidak bertindik
  8. Tidak buta warna
  9. Tidak berkacamata
  10. Tidak memiliki riwayat penyakit hepatitis
  11. Untuk PKP-PK diutamakan harus memiliki SIM A atau SIM B
  12. Dapat menggunakan bahasa inggris dengan baik dan benar akan dijadikan prioritas
  13. Sehat jasmani dan rohani ditunjukkan dengan surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah
  14. Single atau belum menikah dan dibuktikan dengan surat keterangan belum menikah dari kepala desa setempat

Dari syarat-syarat tersebut bisa disimpulkan jika calon petugas Aviation Security atau AVSEC haruslah berstatus single atau belum menikah. Hal tersebut bertujuan supaya petugas keamanan dapat lebih fokus pada pekerjaan di bandara dan saat penerbangan.

Informasi Pendaftaran AVSEC PSPP Penerbangan

Pendaftaran AVSEC PSPP Penerbangan dibuka setiap tahun dengan 3 angkatan yaitu angkatan kelas Maret, kelas Juli dan kelas November. Tahun 2020 ini hanya dibuka 2 periode yaitu bulan Juni dan Desember. Jika calon siswa menanyakan pertanyaan ini di bulan Mei, maka calon siswa dapat mengikuti kelas di bulan Juni atau kelas Desember atau kelas tahun berikutnya.

Pendaftaran ditutup sewaktu-waktu jika kuota kampus terpenuhi. Pada setiap kampusnya, PSPP hanya menyediakan 150 kursi pendidikan. Yang mana PSPP kini sudah memiliki 4 kampus di Indonesia yaitu di Jakarta, Lampung, Yogyakarta dan Makassar.

Jika pada saat bertanya mengenai pendaftaran dan ternyata sudah ditutup untuk angkatan berikutnya, maka otomatis kamu akan diarahkan ke pendaftaran angkatan berikutnya lagi, artinya walaupun pendaftaran sudah ditutup, masih ada pendaftaran lagi untuk angkatan selanjutnya. Begitu seterusnya.

Syarat AVSEC Harus Berstatus Single?

Buat kamu yang ingin bergabung dengan Diklat Bandara VSEC Berlisensi Resmi PSPP Penerbangan. Informasi selengkapnya Syarat AVSEC Harus Berstatus Single? atau mau tanya-tanya dulu nih bisa menghubungi kak Sandy Ruswandi melalui Call/WA di 0813 7323 4375. Sekian dari mimin, semoga informasi kali ini bermanfaat buat kalian. Terimakasih

Share Social Media

Tinggalkan Balasan