Bagaimana Cara Mendapatkan Lisensi AVSEC Bandara?

Bagaimana Cara Mendapatkan Lisensi AVSEC Bandara?

Sekolah AVSEC di Lampung – AVSEC (Aviation Security) atau Petugas Keamanan Penerbangan adalah sebuah profesi yang cukup menjanjikan di era modern saat ini. Meskipun disebut sebagai petugas keamanan, namun perlu diingat bahwa AVSEC bandara cukup berbeda dengan petugas keamanan atau satpam lainnya. Selain tempat dan bidang pekerjaan, ada hal lain yang membuat personel AVSEC bandara berbeda dengan yang lainnya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Lisensi AVSEC Bandara?

Kualifikasi Yang Harus Dipenuhi

Perbedaan yang mendasar adalah kualifikasi yang harus dipenuhi. Mengingat beban pekerjaan yang cukup besar, orang yang mengambil profesi ini haruslah profesional dibidangnya. Mereka yang ingin menjadi AVSEC wajib memiliki lisensi berupa Surat Tanda Kecakapan Personel (STKP). Ini merupakan jaminan bahwa seorang AVSEC kompeten dalam menjalankan tugas dan kewajibannya untuk menjaga keamanan penerbangan.

Cara Mendapatkan Lisensi AVSEC Bandara

Untuk Mendapatkan Lisensi / STKP (Surat Tanda Kecakapan Personel) seseorang tersebut harus mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Khusus AVSEC terlebih dahulu. Pelatihan ini juga tidak bisa diselenggarakan oleh sembarang pihak, Penyelenggara harus mendapat izin resmi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Republik Indonesia.

Salah satu lembaga pendidikan AVSEC Bandara yang sudah mendapatkan izin dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara adalah PSPP Penerbangan yang berada di 4 alamat Lampung, Jakarta, yogjakarta dan Makassar terbaru di Medan. Dengan mengikuti Pendidikan di PSPP Penerbangan, kamu akan Mendapatkan Lisensi Resmi yang di akui Oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Republik Indonesia.

Rentang Waktu Pendidikan AVSEC Bandara

Dibandingkan dengan pendidikan lainnya dalam bidang penerbangan, waktu yang digunakan untuk menempuh pendidikan AVSEC cukup singkat. Rata-rata pendidikan berlangsung selama kurang lebih 6 (enam) bulan. Lamanya pendidikan ini terdiri dari 4 (empat) bulan masa pendidikan berupa teori dan praktik di kampus, dan 2 (dua) bulan on the job training/OJT.

Syarat Daftar Pendidikan AVSEC Bandara

Syarat-syarat dasar yang harus dipenuhi sewaktu mendaftar untuk mengikuti pendidikan AVSEC Bandara di Diklat PSPP Penerbangan :

  • Pria atau wanita
  • Minimal Lulusan SMA/SMK/Sederajat
  • Tinggi badan pria minimal 165 cm
  • Tinggi badan wanita minimal 160 cm
  • Dinyatakan sehat secara jasmani dan rohani
  • Usia maksimal adalah 27 tahun
  • Tidak buta warna
  • Bukan pemakai narkoba/ obat terlarang lain
  • Tidak menderita hepatitis
  • Tidak bertato (tidak terlihat)
  • Dapat berkomunikasi dengan baik

Semua syarat yang disebutkan diatas mutlak yang harus di penuhi oleh calon peserta Pendidikan AVSEC Bandara. Perlu diingat bahwa beberapa sekolah penerbangan juga menyertakan syarat lain seperti belum pernah menikah dan tidak sedang hamil.

Bagaimana Cara Mendapatkan Lisensi AVSEC Bandara?
Panitia Pendaftaran yang memiliki ID Card resmi PSPP

Sekolah AVSEC Berlisensi Resmi PSPP Penerbangan

Karir AVSEC memang dibilang sangat menggiurkan. Pada kenyataanya, profesi AVSEC bukan hal yang mudah diraih semua orang. Hal ini dikarenakan sebuah maskapai penerbangan memiliki aturan dan seleksi yang cukup ketat. Maka disinilah peran penting sekolah AVSEC untuk mewujudkan mimpi siswa-siswinya melalui PSPP Penerbangan.

PSPP Penerbangan akan membantu proses mencari informasi lowongan kerja disamping memberikan keterampilan dan kesiapan bekerja. PSPP Penerbangan sendiri sudah membuka pendaftaran bagi siswa-siswi baru untuk kelas Juni dan Desember. Informasi dan konfirmsi pendaftaran lebih lengkapnya hubungi admin pendaftaran PSPP yang memiliki ID Card resmi dari PSPP kak Sandy Ruswandi dengan Call/WA 0813-7323-4375. Sekian informasi dari admin agar informasi ini lebih bermanfaat bagikan di sosmed kalian yaa. Terimakasih

Share Social Media